-->
Gy3ZRPV8SYZ53gDjSFGpi7ej1KCaPY791pMbjB9m
Bookmark

Pengertian, Dalil, Manfaat Dan Contoh Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah berkewajiban menanggung, memikul, menanggung segala sesuatunya dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia terhadap tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak disengaja.
 
tanggung jawab orang tua
Tanggung jawab merupakan perwujudan dari sifat amanah, artinya dapat dipercaya. Sehingga tanggung jawab bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian hidup manusia bahwa setiap manusia yang hidup akan di bebani dengan tangung jawab.
 
Tanggung jawab adalah kewajiban yang harus dilakukan sebagai akibat dari perbuatan yang dilakukan.
 
Tanggung jawab menjadi ciri manusia yang beradab. Manusia harus bertanggung jawab karena menyadari akibat baik atau buruk dari perbuatannya.

Sikap tanggung jawab harus dibiasakan setiap hari dengan cara:
  1. Selalu ingat kepada Allah bahwa segala perbuatan yang dilakukan di dunia akan dimintai pertanggungjawaban
  2. Menyadari betapa beratnya amanah yang diberikan kepada manusia
  3. Menyadari akibat buruk yang timbul dari sikap tidak bertanggung jawab
  4. Berani mengakui kekurangan sendiri
  5. Siap menerima resiko apapun dari kesalahan yang dilakukan

Dalil tanggung jawab


Agama Islam memerintahkan kepada manusia agar bertanggung jawab terhadap perbuatannya. Bahkan Allah-pun akan meminta pertanggungjawaban kepada setiap manusia kelak pada hari kiamat terhadap apa yang dilakukan selama hidup di dunia.
 

Manfaat tanggung jawab


Sikap tanggung jawab dapat memberikan manfaat kepada pelakunya, antara lain;
  • Dipercaya orang lain
Semakin bertanggung jawab seseorang, maka semakin banyak manusia percaya pada dirinya. Sebaliknya semakin manusia lari dari tanggung jawab orang lain tidak percaya kepada dirinya.
  • Menjadi manusia yang berguna
Dengan tanggung jawab, banyak manusia percaya kepada dirinya. Dan semakin banyak orang percaya maka semakin bermanfaat dirinya kepada orang lain. Ini termasuk ciri manusia yang terbaik
  • Memperoleh pahala dari Allah Swt.
Karena tanggung jawab merupakan perintah dari Allah Swt., maka manusia yang melakukan akan memperoleh pahala dari Allah Swt. Berapa banyak pahala yang diterima oleh manusia? Tentu akan sesuai dengan besar atau kecilnya tanggung jawab yang diembannya.

Contoh tanggung jawab


Ada beberapa contoh tanggung jawab. Kalian pasti pernah melakukan. Apakah itu? Coba ingat kembali, misalnya ada seorang anak kecil yang bermain dengan alat-alat permainannya. 

Setelah selesai bermain, ia diminta oleh orang tua agar menata dan mengembalikan alat-alat bermain di tempat semula. Ketika ada seorang teman kalian meminjam buku perpustakaan, setelah habis batas waktu harus dikembalikan, atau ketika menggunakan buku perpustakaan ada halaman-halaman yang sobek maka ia menggantinya, dan masih banyak lainnya. Ini semua merupakan contoh tanggung jawab
Post a Comment

Post a Comment