-->
Gy3ZRPV8SYZ53gDjSFGpi7ej1KCaPY791pMbjB9m
Bookmark

Mengenal Allah SWT Melalui Asmaul Husna Al-Gafur

Kata “al-Gafur” berasal dari kata dasar yang artinya Allah Maha Pengampun. Di dalam kitab suci Al-Quran kata al-Gafur disebut tidak kurang dari 91 kali. 
Asmaul Husna Al-Gafur

Sebagian besar dari kata al-Gafur dirangkai dengan nama dan sifat Allah yang lain sebagian sisanya berdiri sendiri. Dari sekian banyak ayat kata Al-Gafur lebih banyak disandingkan dengan kata Ar-Rahim. Hal itu memberi penjelasan bahwa sifat al- Gafur merupakan sifat kasih dan sayang Allah Swt. Betapa tidak! Allah memberi ampunan kepada setiap mukmin yang bertaubat dan bersungguh-sungguh tanpa pilih kasih Dengan sifat al-Gafur Allah bersifat Maha pengampun terhadap semua hambaNya. 

Allah Swt. tidak memiliki sifat dendam kepada hambaNya. Termasuk kepada seorang hamba yang suka berbuat dosa besar kalau mau memohon ampun kepada Allah, Allah bersifat terbuka dan pasti mengampuni. Ini sangat berbeda dengan manusia yang masih memiliki sifat dendam terhadap kesalahan seseorang.
Di dalam ajaran Islam, umat Islam dilarang bersifat pendendam. Sebaliknya harus bersifat pemaaf karena Allah saja yang Maha Berkuasa bersifat pengampun terhadap hamba-Nya. Sehingga manusia harus meniru sifat al- Gafur Allah Swt.
Sifat pemaaf ini harus dimiliki oleh setiap manusia karena tidak ada seorangpun manusia yang pernah terbebas dari kesalahan dan dosa. Sehingga apabila ada teman atau siapapun yang berbuat salah kita harus memaafkan dengan segera. Dan tidak boleh memberi maaf menunggu sampai hari lebaran Idul Fitri Agar kita diberikan oleh Allah Swt. sifat pemaaf, hendaklah senantiasa memohon kepada Allah Sekalipun manusia telah melampaui batas, kalau mau meminta ampunan kepada Allah Swt., Allah tetap mengampuninya
Jenis dosa apakah yang tergolong melampaui batas? Tentu jenis dosa yang besar dan bahkan paling besar, yaitu: syirik. Dosa inipun Allah Swt. akan mengampuni apabila yang bersangkutan bertaubat dan tidak mengulangi kesalahan yang sama Meyakini dan meneladani sifat Allah Swt. al-Gafur sangat bermanfaat terhadap kehidupan kita. Diantara manfaat tersebut adalah:
  1. Semakin yakin untuk tidak melakukan dosa dan maksiat
  2. Jika melakukan kesalahan atau perbuatan dosa segera memohon ampun kepada Allah
  3. Mengisi setiap waktu dengan kegiatan yang baik dan bermanfaat
Post a Comment

Post a Comment