-->
Gy3ZRPV8SYZ53gDjSFGpi7ej1KCaPY791pMbjB9m
Bookmark

Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna As-Sabur

Allah Swt. bersifat As-Sabur artinya Allah Maha Sabar. Sifat As-Sabur Allah Swt. terhadap makhlukNya dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, seperti: Allah Swt. senantiasa memberikan rezeki kepada semua hamba-Nya tanpa pilih kasih walaupun ada diantara hamba- Nya yang durhaka kepada Allah Swt. 
Asmaul Husna As-Sabur
Sifat sabar Allah melebihi segala sifat sabar makhluk-Nya, seperti manusia. Karena Allah memiliki sifat Maha Sabar maka Allah memerintahkan manusia untuk memiliki sifat-sifat sabar. Sehingga Allah sangat mencintai kepada manusia yang sabar disini

Menurut al-Ghazali, sifat as-Sabur yang dimiliki Allah Swt. mengandung makna bahwa Allah tidak bersifat tergesa-gesa sehingga bergegas melakukan sesuatu sebelum waktunya. Tetapi Allah Swt. meletakkan sesuatu dengan ukuran tertentu dan dengan aturan-aturan tertentu pula. Allah Swt. tidak menunda-nunda sesuatu seperti orang yang malas. 

Allah Swt. tidak pula mempercepat sesuatu seperti orang yang tergesa-gesa. Segala sesuatu diletakkan pada tempat dan waktu yang seharusnya.

Sifat sabar Allah Swt. harus dicontoh oleh hamba-Nya dalam kehidupan sehari-hari. Sabar artinya tabah menghadapi ujian atau cobaan. Setiap manusia yang hidup di dunia akan selalu diuji oleh Allah, seperti ujian kematian, karena setiap kehidupan pasti akan mati

Sikap sabar harus dilakukan. Ciri-ciri seseorang yang memiliki sifat sabar: selalu bersifat lapang dada dalam menghadapi persoalan, tidak mudah putus asa dalam menghadapi setiap cobaan, selalu bersyukur kepada Allah Swt. apabila berhasil mengahapi persoalan dan bertawakkal kepada Allah apabila belum berhasil menyelesaikan persoalan.

Ada empat macam sifat sabar yang harus dimiliki oleh umat Islam dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:
  1. Sabar dalam meninggalkan perbuatan yang tidak baik
  2. Sabar dalam menjalankan kewajiban agama
  3. Sabar dalam menghadapi ujian, cobaan dan musibah
  4. Sabar dalam mempertahankan kebenaran
Seseorang yang mengenal dan meneladani sifat Allah as-Sabur akan mengamalkan perilaku sabar dalam berbagai hal, seperti yang tercantum dalam Al-Quran, di antaranya bersabar dalam menghadapi cobaan dan musibah, menghadapi orang yang berbeda pendapat, dalam mengerjakan salat, berdoa dan sebagainya.
Post a Comment

Post a Comment