-->
Gy3ZRPV8SYZ53gDjSFGpi7ej1KCaPY791pMbjB9m
Bookmark

Pengertian, Larangan, Akibat Dan Cara Menghindari Fasik

Menurut bahasa, kata fasik dalam bahasa Arab: berasal dari akar kata fasaqa-yafsiqu-fisqan-fusûqan atinya keluar atau menyimpang dari perintah.

sifat fasik
Sedangkan menurut terminologi atau istilah orang fasik maksiat meninggalkan perntah allah dan menyimpang dari jalan yang benar. Orang yang fasik suka melakukan maksiat, meninggalkan perintah Allah, dan menyimpang dari jalan yang benar atau orang yang mengaku beragama Islam akan tetapi senantiasa berbuat dosa atau kemaksiatan.

Larangan fasik


Fasik adalah perbuatan yang sangat dilarang oleh ajaran Islam. Karena perbuatan fasik adalah perbuatan setan yang senantiasa berperilaku menyimpang.

Akibat fasik


Karena fasik merupakan perbuatan yang dilarang untuk dilakukan maka bagi yang melakukan pasti akan meninggalkan akibatnya. Diantara akibat fasik adalah:
  • Tidak dipercaya oleh manusia
Salah satu ciri orang fasik adalah perkataan tidak sesuai kenyataan. Dia menyatakan sebagai orang Islam tetapi melakukan maksiat atau dosa besar. Orang yang seperti ini tidak dipercaya oleh manusia.
  • Allah Swt. tidak memberi petunjuk
Orang yang fasik terkenal dengan sebutan munafik. Orang yang fasik terputus dari petunjuk Allah Swt
  • Terancam masuk neraka

Cara menghindari fasik

  • Kembali kepada kitab suci al-Quran
Setiap hal yang terjadi senantiasa agar dikembalikan kepada kitab suci Al-Quran sehingga dapat terhindar dari sifat fasik.
  • Berperilaku sesuai aturan agama
Umat Islam hendaknya senantiasa berperilaku dan beramal sesuai ajaran agama Islam. Karena hal ini secara otomatis dapat menghindarkan diri dari fasik.
  • Memahami betapa besar kerusakan/bahaya akibat fasik
Betapa besar hukuman Allah Swt. kepada orang yang fasik, yakni neraka. Karena itu umat Islam harus senantiasa memahami betapa besar bahaya dan akibat fasik.
Post a Comment

Post a Comment